POLA KOMUNIKASI METODE CANTOL ROUDHOH ANTARA GURU DAN ANAK TK DALAM MENGENALKAN SUKU KATA DI TK AN-NAHL BANDAR LAMPUNG

Dhia , Shafira (2023) POLA KOMUNIKASI METODE CANTOL ROUDHOH ANTARA GURU DAN ANAK TK DALAM MENGENALKAN SUKU KATA DI TK AN-NAHL BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3221Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3215Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi metode cantol roudhoh dalam mengenalkan suku kata di TK An-Nahl Bandar Lampung. Perkembangan bahasa dapat dikembangkan melalui membaca yang dimulai sejak Anak Usia Dini. Kemampuan membaca ini dapat membantu seorang anak untuk menguasai bidang ilmu lainnya, sehingga dibutuhkan metode untuk mengenalkan suku kata sejak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi metode cantol roudhoh, untuk mengetahui metode pembelajaran yang ada di TK An-Nahl, untuk mengatasi pembelajaran dalam metode cantol rouhdoh dan untuk melakukan perbandingan metode eja dan metode cantol roudhoh. Berdasarkan hasil penelitian terdapat beberapa aspek yang berkaitan dengan teori DeVito pendekatan efektivitas komunikasi antar pribadi yang terdiri atas lima kualitas umum yang dipertimbangkan antara lain keterbukaan (openness), empati (empathy), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan kesetaraan (equality) dalam proses belajar menggunakan metode cantol roudhoh. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa terdapat pola komunikasi yang terjalin antara guru dan anak TK dalam metode cantol roudhoh yaitu pola komunikasi satu arah, dua arah dan multi arah. Kata Kunci : Metode Cantol Roudhoh, Pola Komunikasi This study aims to determine the communication patterns of the roudhoh cantol method in introducing syllables at An-Nahl Kindergarten Bandar Lampung. Language development can be developed through reading which starts from early childhood. This reading ability can help a child master other fields of knowledge, so a method is needed to introduce syllables from an early age. The purpose of this research is to describe how the communication patterns of the cantol roudhoh method, to find out the learning methods that exist in An-Nahl Kindergarten, to overcome learning in the cantol rouhdoh method and to make comparisons with the spelling method and the cantol roudhoh method. Based on the results of the study, there are several aspects related to DeVito's theory of the effectiveness approach to interpersonal communication which consists of five general qualities that are considered, including openness, empathy, supportiveness, positiveness, and equality. (equality) in the learning process using the cantol roudhoh method. From the results of this study it is known that there are communication patterns that exist between teachers and kindergarten children in the cantol roudhoh method, namely one-way, two-way and multi-way communication patterns Keywords:, Cantol Roudhoh Method, Communication Patterns.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2301238076 . Digilib
Date Deposited: 09 Aug 2023 06:58
Terakhir diubah: 09 Aug 2023 06:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74390

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir