PENGARUH DIVERSITAS DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan BUMN yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021)

Robby , Ananda (2023) PENGARUH DIVERSITAS DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN MANAJEMEN RISIKO PERUSAHAAN (Studi Empiris Perusahaan BUMN yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2021). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1756Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1816Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu tantangan yang dihadapi dunia usaha saat ini adalah rentannya terhadap timbulnya risiko yang tidak diinginkan. Untuk itu, diperlukan sistem manajemen risiko yang komprehensif untuk memitigasi hal buruk untuk terjadi dan meningkatkan kepercayaan stakeholder terhadap perusahaan. Pelaporan mengenai pengungkapan manajemen risiko merupakan bagian dari tata kelola perusahaan yang baik dan struktur kepemimpinan perusahaan di Indonesia yang berbasis twotier melibatkan peran komisaris terhadap luasnya pengungkapan manajemen risiko yang terjadi. Isu diversitas yang terjadi dalam perusahaan terbuka di Indonesia menjadi salah satu faktor mempengaruhi kompleksitas pengambilan keputusan alternatif berpengaruh terhadap pengungkapan manajemen risiko. Penelitian ini akan mengulas bagaimana pengaruh diversitas komisaris, seperti usia, jenis kelamin, dan latar belakang pendidikan terhadap luasnya pengungkapan manajemen risiko perusahaan. Penelitian ini menggunakan 24 sampel perusahaan BUMN di Indonesia yang terdaftar sebagai anggota BEI selama 2018-2019. Penelitian ini akan menggunakan variabel dependen berupa ISO 31000:2018 tentang Panduan Manajemen Risiko Perusahaan, variabel independen berupa diversitas usia, gender, dan latar belakang pendidikan dewan komisaris, variabel ukuran perusahaan sebagai variabel kontrol. Teknis analisis yang diaplikasikan adalah analisis regresi berganda dengan signifikansi 5% diolah menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Diversitas usia tidak berpengaruh terhadap luas pengungkapan manajemen risiko, (2) Diversitas gender berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan manajemen risiko, (3) Diversitas latar belakang pendidikan berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan manajemen risiko, (4) Ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap luas pengungkapan manajemen risiko.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Akuntansi
Pengguna Deposit: 2301275675 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:14
Terakhir diubah: 10 Aug 2023 07:14
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74417

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir