PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK

Eva, Fitriani Sari (2023) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD berbasis model discovery learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol dan VIII-7 sebagai kelas eksperimen pada SMP Negeri 6 Metro Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Data yang diperoleh berasal dari angket validasi, angket kepraktisan, dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil validasi, produk yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan, serta respon pendidik dan peserta didik mengenai kepraktisan LKPD sangat tinggi. Hasil uji lapangan menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar menggunakan LKPD berbasis model discovery learning lebih besar jika dibandingkan dengan peserta didik yang tidak menggunakan LKPD berbasis model discovery learning, sehingga LKPD berbasis model discovery learning efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model discovery learning valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci: LKPD, model discovery learning, kemampuan pemecahan masalah The goal of this development research is to produce a worksheet that is based on the discovery learning model that is valid, practical, and effective to improve students' problem-solving skills abilities using the Borg and Gall development model. Students in classes VIII-6 the control class, and VIII-7 the experimental class, at SMP Negeri 6 Metro Utara for the 2022–2023 academic year, served as the study's subjects. The data obtained originates from the validation questionnaire, practicality questionnaire, and problem-solving skills test instrument. Based on the validation results, the developed product is highly suitable for use, and both teachers and students have responded very high to the practicality of the student activity worksheets. According to the results of the study, the problem-solving capacity of students who are learning to use the LKPD based on the model of discovery learning is greater than that of students who are not using it. Therefore, it can be concluded that LKPD based on the valid, practical, and effective discovery learning model to improve students' problemsolving skills. Keywords: LKPD, discovery learning model, problem solving ability

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301305664 . Digilib
Date Deposited: 10 Aug 2023 07:44
Terakhir diubah: 10 Aug 2023 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir