PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH

EMALIA, FATMA DIANTI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO MOTION GRAPHICS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 1 TULANG BAWANG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2581Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2229Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model problem based learning berbantuan video motion graphics dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 1 Tulang Bawang Tengah. Pada penelitian ini menggunakan desain penelitian Non Equivalent Pretest�Posttest Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh anggota populasi yang berjumlah 61 siswa dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes berupa soal pretest dan posttest untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data menggunakan Uji N-Gain, Uji Independent Sample T-test, dan Uji Effect Size. Nilai rata-rata N-Gain keterampilan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol diperoleh sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil Uji Independent Sample T-test diperoleh nilai Sig. (2 Tailed) 0,001 < 0,05 maka H1 diterima. Sehingga, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model problem based learning berbantuan video motion graphics dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil Uji Effect Size diperoleh hasil sebesar 0,869 dengan kategori “besar”. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning berbantuan video motion graphics memiliki pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi jaringan berbasis luas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2301055715 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 01:24
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 01:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74450

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir