NAURA , AYU APRILISA (2023) PERBANDINGAN MODEL RICOSRE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1808Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1725Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan Model RICOSRE dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental dengan menggunakan pola Randomized Posttest-Only Comparison Group Design. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari kelas X6 sebagai kelas eksperimen 1 (Model RICOSRE) dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen 2 (Model PBL) yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil posttest kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian pada variabel kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik kelas RICOSRE lebih baik dibandingkan kelas PBL. Kemudian, berdasarkan uji hipotesis pada data yang diperoleh menggunakan uji Two Way Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikasi 5%, didapatkan hasil nilai Sig. pada variabel kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik pada model RICOSRE dan model PBL yaitu < 0,05 yang berarti kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik dengan model RICOSRE lebih baik dibandingkan model PBL pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci: Model RICOSRE, Model Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Sains, Penguasaan Konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2301484110 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 03:42 |
Terakhir diubah: | 11 Aug 2023 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74509 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |