PERBANDINGAN MODEL RICOSRE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

NAURA , AYU APRILISA (2023) PERBANDINGAN MODEL RICOSRE DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1808Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1725Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui perbandingan Model RICOSRE dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian True Experimental dengan menggunakan pola Randomized Posttest-Only Comparison Group Design. Sampel penelitian berjumlah 64 peserta didik yang terdiri dari kelas X6 sebagai kelas eksperimen 1 (Model RICOSRE) dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen 2 (Model PBL) yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif yang berupa nilai hasil posttest kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian pada variabel kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik kelas RICOSRE lebih baik dibandingkan kelas PBL. Kemudian, berdasarkan uji hipotesis pada data yang diperoleh menggunakan uji Two Way Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) pada taraf signifikasi 5%, didapatkan hasil nilai Sig. pada variabel kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik pada model RICOSRE dan model PBL yaitu < 0,05 yang berarti kemampuan literasi sains dan penguasaan konsep peserta didik dengan model RICOSRE lebih baik dibandingkan model PBL pada materi perubahan lingkungan. Kata Kunci: Model RICOSRE, Model Problem Based Learning, Kemampuan Literasi Sains, Penguasaan Konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301484110 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:42
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 03:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74509

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir