PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP PENGUATAN PARTICIPATORY SKILLS PESERTA DIDIK

Diana Jaya , Wardhani (2023) PENERAPAN METODE SIMULASI PADA MATA PELAJARAN PPKN TERHADAP PENGUATAN PARTICIPATORY SKILLS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3512Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah guna mengetahui penerapan metode pembelajaran simulasi pada mata pelajaran PPKn terhadap penguatan participatory skillspeserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasy eksperimen dengan penedekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP N 4 Metro. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII G sebagai kelas eksperimen yang memiliki jumlah 32 peserta didik dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni dengan menggunakan teknik observasi dan angket peserta didik yang berupa penilaian antar teman dan penilaian diri peserta didik. Teknik analisis data dengan menggunakan Uji Independent Sample t-Test bantuan SPSS versi 20. Pada hasil observasi kelas eksperimen diperoleh presentase keterampilan sebesar 83,09% dan termasuk dalam kriteria sangat aktif dan hasil observasi pada kelas kontrol sebesar 72,75% yang termasuk dalam kriteria aktif. Secara keseluruhan di simpulkan bahwa pada self-assessment kelas eksperimen mendapatkan nilai 85,3% berkategori sangat aktif dan kelas kontrol sebesar 81,6% berkategori sangat aktif, meskipun sama-sama dikategori sangat aktif namun tetap terlihat selisih antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kemudian pada peer-assessment kelas eksperimen mendapatkan nilai83,8% berkategori sangat aktif dan di kelas kontrol dengan nilai 72,2% masuk pada kategori aktif. Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Simulasi, Participatory Skills.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301400488 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:01
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74543

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir