PERAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENGUATKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SMPN 01 WAY TENONG

SIGIT BAGUS , PRASETYO (2023) PERAN PEMBELAJARAN PPKn DALAM MENGUATKAN SIKAP TOLERANSI PESERTA DIDIK DI SMPN 01 WAY TENONG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2071Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1810Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pembelajaran PPKn dalam menguatkan Sikap Toleransi Peserta Didik Di SMP Negeri 01 Way Tenong. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 01 Way Tenong. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 71 responden. Teknik penghitungan data kuantitatif menggunakan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel pembelajaran PPKn peserta didik sudah cukup mampu mengikuti dan mendapatkan nilai-nilai toleransi berupa sikap menghargai, menerima pendapat, memberikan pendapat yang baik dan benar. Pembelajaran PPKn berperan sebesar 53,6% terhadap sikap toleransi peserta didik, peran pembelajaran PPKn yang telah berjalan saat ini memberikan efek positif bagi peserta didik agar menjadi peserta didik yang memahami arti penting toleransi dalam kehidupan sehari hari sehingga dari hal tersebut bermanfaat untuk kerukunan, kebersamaan, dan kenyamanan antar masyarakat. Peran pembelajaran PPKn dalam menguatkan sikap toleransi ini adalah sebagai wadah untuk membentuk karakter dan sikap yang mampu menghargai perbedaan, menghargai pendapat, dan menciptakan kedamaian dan 46,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar pembelajaran PPKn. Faktor tersebut seperti dorongan dari pendidik untuk memberikan nasehat dan dorongan kepada peserta didik agar menjadi seorang peserta didik yang mempunyai sikap yang toleran dan bisa menghargai orang lain. Kata Kunci: Pembelajaran, PPKn, Sikap, Toleransi, dan Peserta Didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2301546073 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 08:01
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74544

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir