PROSES PEMBELAJARAN GITAR DENGAN APLIKASI CHORD ANALYZER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 KALIREJO

Fani, Indra Permana (2023) PROSES PEMBELAJARAN GITAR DENGAN APLIKASI CHORD ANALYZER PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMAN 1 KALIREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (64Kb) | Preview
[img] File PDF
2. FILE TUGAS AKHIRSKRIPISTHESISIDISERTASI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3576Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. FILE TUGAS AKHIRSKRIPISTHESISIDISERTASI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1246Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Chord analyzer adalah sebuah aplikasi pembelajaran instrument musik khususnya gitar dan piano yang digunakan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini membahas tentang proses pembelajaran gitar dengan aplikasi chord analyzer pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kalirejo. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran gitar dengan aplikasi chord analyzer pada kegiatan ekstrakurikuler di SMAN 1 Kalirejo Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pembina dan siswa ekstrakurikuler musik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang harus dilalui berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran gitar menggunakan aplikasi chord analyzer menggunakan tiga tahap berjalan dengan lancar. Hal tersebut terlihat dari hasil akhir yang dipresentasikan oleh siswa, siswa mampu merealisasikan hasil interpretasi yang sudah mereka dapatkan dengan menggunakan tiga tahap yaitu tahap pra instruksional, tahap intruksional dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. Serta dikombinasikan dengan model cooperative learning, demonstrasi, tutor sebaya, dan ceramah. Siswa mampu mengimplementasikan chord yang ada difikirannya kepada gitarnya masing–masing. selain itu pembina menjadi lebih mudah dalam mengajarkan materi dan memberikan arahan secara terstruktur. Kata kunci : proses pembelajaran, chord, hasil pembalajaran

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Musik
Pengguna Deposit: 2301021010 . Digilib
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:10
Terakhir diubah: 11 Aug 2023 10:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74564

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir