PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Komang, Ayu Juni Harsini (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY BERBASIS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA KELAS X PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2294Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2077Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model guided inquiry berbasis flipped classroom terhadap kemampuan berpikir kritis dan literasi digital siswa SMA kelas X pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Way Serdang. Penelitian ini menggunakan non equivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 31 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan 33 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol, yang dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh (total sampling). Data nilai rata-rata berpikir kritis melalui pretest-posttest dianalisis dengan Uji Mann Whitney, kemudian nilai rata-rata literasi digital dan tanggapan peserta didik dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 kemudian diujikan effect size memperoleh nilai 1,26 dengan kategori efek besar. Hal ini menunjukkan penerapan model guided inquiry berbasis flipped classroom berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil analisis penilaian kemampuan literasi digital siswa diperoleh nilai rata-rata 92,5 dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan kemampuan literasi digital siswa sangat baik setelah diterapkan model guided inquiry berbasis flipped classroom. Kata kunci : Guided Inquiry, Flipped Classroom, Berpikir Kritis dan Literasi Digital

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301275464 . Digilib
Date Deposited: 12 Aug 2023 05:03
Terakhir diubah: 12 Aug 2023 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74609

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir