EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGA

Isnaeni, Visca (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2423Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1833Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran flipped classroom dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah quasi experiment dengan pretest-postest control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri Sukadana Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rata-rata, dan uji perbedaan dua rata-rata n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata n-gain pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen sebesar 0,704 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,489. Hasil analisis juga menunjukkan rata-rata aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom meningkat pada setiap pertemuannya dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model konvensional. Hasil pengujian hipotesis perbedaan dua rata- rata (uji t) menunjukkan rata-rata n-gain pemahaman konsep siswa di kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata n-gain pemahaman konsep siswa di kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa pada materi larutan penyangga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301681302 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:35
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 03:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74701

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir