PENGARUH PENERAPAN MODEL GENERATIVE BERBANTU GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI

DEVI , KUSUMA WATI (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL GENERATIVE BERBANTU GAMBAR SERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1625Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1568Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan menulis narasi peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Generative berbantu media gambar seri terhadap kemampuan menulis narasi peserta didik kelas V SD Negeri. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dan metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 6 Metro Barat yaitu 82 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster sampling dengan sampel 21 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes berupa dokumentasi serta observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitugan terdapat bahwa nilai bertanda positif sehingga menunjukkan adanya peningkatan, serta dapat mengetahui hubungan sebab akibat antara variabel X (model generative berbantu gambar seri) dan variabel Y (kemampuan menulis narasi) dengan hasil yang menunjukkan bahwa model Generative berbantu gambar seri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis narasi peserta didik kelas VA SD Negeri 6 Metro Barat. Kata kunci: kemampuan menulis narasi, media gambar seri, model pembelajaran generative The low narrative writing ability of fifth grade students is the problem in this study. This study aims to determine the effect of Generative Learning Model supported by serial picture media on the narrative writing ability of fifth grade students. This type of research is quantitative. The method used in this research is Quasi-Experimental One-Posttest research design. The population of this study were all fifth grade students of SD Negeri 6 Metro Barat, namely 82 students. Cluster sampling technique with a sample of 21 students was used to determine the research sample. Data collection techniques in this study used tests and nontests in the form of documentation and observation. A simple linear regression test was used for data analysis. Based on the results of the calculation, it is found that the value is positive, so it shows an increase, and can determine the causal relationship between variable X (generative model supported by serial images) and variable Y (narrative writing ability) with results show that the generative model supported by serial images has a significant effect on the improvement of narrative writing ability of VA class students of SD Negeri 6 Metro Barat. Keywords: narrative writing skills, picture series media, generative learning models.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301431755 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:18
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 06:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74709

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir