PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 15 BANDAR LAMPUNG

NADYA FIRSTILIA, KUSWANDI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMPN 15 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (1788Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full Tanpa Lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3276Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Full Tanpa Pembahasan.pdf

Download (3115Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pada penggunaan model Problem Based Learning berbantu modul digital interaktif terhadap kemampuan literasi sains siswa pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap di SMPN 15 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan teknik non-equivalent control group design. Sampel berasal dari kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas kontrol sebanyak 31 siswa, sampel dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantatif yaitu instrumen tes dan kualitatif yaitu berupa angket. Data literasi dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata bahwa pada taraf signifikansi 5% didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05 sehingga H_1 diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan model PBL berbantu modul digital interaktif terhadap kemampuan literasi sains pada materi pencemaran lingkungan di SMPN 15 Bandar Lampung. Kata kunci: Problem Based Learning, modul digital interaktif, literasi sains, pencemaran lingkungan, SMP

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301240086 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:51
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 06:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74721

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir