PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MENGGUNAKAN GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

M. FIKRA , YUSUF ANNAZAR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK MENGGUNAKAN GOOGLE SITE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan pada pembelajaran peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran berbasis TPACK yang efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Developments (R&D). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dan diperoleh subjek penelitian yakni 21 peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Intrumen penelitian yang digunakan instrumen soal tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan dilanjutkan pada uji effect size dengan nilai Cohen’s d 0,97 pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut media pembelajaran berbasis TPACK valid untuk digunakan dan efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik. Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Media Pembelajaran, TPACK This research begins with the results of a needs analysis on student learning. This research aims to produce TPACK-based learning media products that effectively improve students' understanding of mathematical concepts. This research is a type of Research and Developments (R&D) research. The population of this study was grade V students of State Elementary School, Labuhan Ratu District, Bandar Lampung City. The sample of this study was determined by purposive sampling technique and obtained research subjects, namely 21 students in the experimental class and control class. The research instrument used is a valid and reliable test question instrument. The data analysis technique used a paired sample t-test and continued on the effect size test with Cohen's d value of 0.97 in the experimental group and control group. Based on the results of this research, TPACK-based learning media is valid to be used and effectively increases students' understanding of mathematical concepts. Keywords: Understanding Mathematical Concepts, Learning Media, TPACK

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2301173834 . Digilib
Date Deposited: 15 Aug 2023 07:00
Terakhir diubah: 15 Aug 2023 07:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74727

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir