Veronica Luciana , Sushanty (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (2706Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2868Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2866Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi stoikiometri dan mendeskripsikan profil kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi stoikiometri. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matchingonly pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Metro tahun pelajaran 2022/2023. Pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul diterapkan pada kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji perbedaan dua rata-rata dengan independent sample t-test atau uji t. Profil kemampuan translasi antarlevel ditentukan berdasarkan skala kategori kemampuan representasi. Diperoleh nilai rata-rata n-gain pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul sebesar 0,7 berkriteria tinggi. Hasil uji t menunjukan bahwa rata-rata nilai n-gain pada kelas yang diterapkan pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul lebih tinggi daripada kelas yang diterapkan pembelajaran discovery.Didapatkan hasil profil kemampuan translasi antarlevel representasi yaitu siswa berkategori sangat baik 15,15%, baik 75,85%, dan cukup 9%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif untuk meningkatlan kemampuan translasi antarlevel representasipada materi stoikiometri. Kata kunci: Kemampuan translasi antarlevel representasi, pembelajarandiscovery, simulasi molekul, stoikiometri
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2301578779 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2023 02:36 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2023 02:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74776 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |