PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI INDONESIA KELAS XI IPS SMA BINA MULYA GADINGREJO

YANTO , SANJAYA (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP GEOGRAFI PADA MATERI DINAMIKA KEPENDUDUKAN DI INDONESIA KELAS XI IPS SMA BINA MULYA GADINGREJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (375Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3616Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3455Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep geografi pada meteri dinamika kependudukan di Indonesia kelas XI IPS SMA Bina Mulya Gadingrejo dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini juga menggunakan desain penelitian berupa one group pretest – postest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Bina Mulya Gadingrejo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji N-gain (normalized gain). Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep geografi pada meteri dinamika kependudukan di Indonesia kelas XI IPS SMA Bina Mulya Gadingrejo. Hal ini mengarah pada peningkatan nilai pemahaman siswa, dilihat dari nilai pemahaman sebelum tindakan, dan dari tes pemahaman pada siklus I dan siklus II. Pemahaman pada pra tindakan yaitu kriteria sangat kurang sebanyak 13 siswa, kriteria kurang sebanyak 2 siswa dan kriteria cukup, baik dan sangat baik belum ada karena tidak ada siswa yang mendapatkan rentang nilai pada 3 kriteria tersebut. Pemahaman pada tahap siklus I meningkat hal ini karena siswa yang mendapatkan nilai kriteria dengan sangat kurang tidak ada, kriteria kurang sebanyak 3 siswa, kriteria cukup sebanyak 1 siswa , kriteria baik sebanyak 9 siswa dan sangat baik sebanyak 2 siswa. Pada akhir siklus II juga mengalami peningkatakn hal ini ditunjukkan dengan siswa yang masuk dalam kriteria sangat kurang dan kurang tidak ada, kriteria cukup sebanyak 2 siswa, kriteria baik sebanyak 4 siswa dan kriteria sangat baik sebanyak 9 siswa. Besar peningkatan N-gain antara pra tindakan dengan siklus I yaitu 0,6 dengan kategori sedang, antara siklus I dan siklus II yaitu 0,35 dengan kategori sedang. Kata kunci : model jigsaw, pemahaman konsep, geografi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi > 910 Geografi dan perjalanan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 2301566074 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 02:23
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 02:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74778

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir