EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA

Wenda, Yozarima (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SIMAYANG BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI KIMIA SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1677Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1577Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains pada materi larutan penyangga dalam meningkatkan kemampuan literasi kimia siswa. Penelitian menggunakan desain pretest-postest control grup. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel dalam penelitian yaitu kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yaitu uji perbedaan dua rata-rata (uji-t), rata-rata n-Gain kemampuan literasi kimia siswa pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,52 dengan kriteria "sedang", sedangkan pada kelas kontrol yaitu sebesar 0,14 yang kriteria "rendah". Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,95 dengan kriteria “besar” menunjukkan bahwa 95% tingginya kemampuan literasi kimia siswa dipengaruhi oleh pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SiMaYang berbasis etnosains efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pengaruh besar. Kata kunci: larutan penyangga, Pembelajaran SiMaYang, Etnosains, efektivitas, kemampuan literasi kimia

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2301149003 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 03:49
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74814

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir