PENGEMBANGAN DAN VALIDASI HIGH SCHOOL CHEMISTRY SELF-EFFICACY SCALE MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR

Deka, Fitria (2023) PENGEMBANGAN DAN VALIDASI HIGH SCHOOL CHEMISTRY SELF-EFFICACY SCALE MENGGUNAKAN TEKNIK ANALISIS FAKTOR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1044Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1072Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengadaptasi dan validasi lintas budaya (cross cultural validation) konstruk instrumen High School Chemistry Self-Efficacy Scale(HCSS) yang dikembangkan oleh Aydin dan Uzuntiryaki (2009), mengetahui hubungan antar faktor chemistry self-efficacy, mengetahui perbedaan chemistry self-efficacy siswa ditinjau dari gender dan grade, serta mengetahui pengaruh self�efficacy terhadap hasil belajar kimia siswa. HCSS ini terdiri dari 16 item pertanyaan yang dapat mengukur 2 sikap efikasi diri kimia yaitu efikasi diri kimia dalam kognitif (CSCS) dan efikasi diri kimia dalam laboratorium (SCL). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA di Kabupaten Pesawaran. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 397 siswa yang berasal dari sekolah SMAN 1 Gedong Tataan dan SMAN 2 Gedong Tataan yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Berdasarkan analisis faktor konfirmatori didapatkan model fit kuesioner HCSS versi Bahasa Indonesia. Hasil penelitian chemistry self-efficacy ditinjau dari gender menunjukkan peserta didik perempuan memiliki chemistry self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik laki�laki dengan perbedaan signifikan. Ditinjau dari grade peserta didik kelas XII memiliki chemistry self-efficacy yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik X dengan perbedaan yang signifikan. Pada uji t regresi linear menunjukkan bahwa terdapat pengaruh self-efficacy terhadap hasil belajar kimia siswa di SMA Kabupaten Pesawaran. Kata Kunci : Chemistry self-efficacy, hasil belajar, analisis faktor konfirmatori, gender, grade

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2301545454 . Digilib
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:27
Terakhir diubah: 16 Aug 2023 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74836

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir