PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023)

YULIA , MAYA SARI (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Natar Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1358Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Natar semester genap tahun pelajaran 2022/2023 yang terdistribusi dalam sebelas kelas yaitu VII A sampai VII K. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan terpilih siswa kelas VII B sebanyak 33 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII C sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan penalaran matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada model pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan penalaran matematis, pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301043102 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2023 02:22
Terakhir diubah: 18 Aug 2023 02:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74941

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir