PENGARUH MINAT BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI

MARTI, FITRIA ROHMAH (2023) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN EFIKASI DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4089Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar negeri Gugus Mawar Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh minat belajar dan efikasi diri terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD negeri Gugus Mawar Kecamatan Natar dan dilaksanakan pada semester genap T.A 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas V SD negeri Gugus Mawar Kecamatan Natar dengan jumlah 134 peserta didik, adapun sampel yang digunakan sebanyak 95 peserta didik yang terdiri atas 51 peserta didik laki-laki dan 44 peserta didik perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket dengan menggunakan Skala Likert yang dianalisis menggunakan rumus regresi. Hasil penelitian menunjukkan, 1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar negeri dengan pengaruh sebesar 56,1%, 2) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar negeri dengan pengaruh sebesar 50,2%, 3) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan efikasi diri secara simultan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V sekolah dasar negeri dengan pengaruh sebesar 57,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya meningkatkan minat belajar dan efikasi diri peserta didik guna memperoleh hasil belajar matematika yang lebih optimal. Kata kunci: efikasi diri, hasil belajar, matematika, minat belajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301678370 . Digilib
Date Deposited: 18 Aug 2023 03:00
Terakhir diubah: 18 Aug 2023 03:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74955

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir