GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

DESTIANA, DESTIANA (2023) GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (858Kb) | Minta salinan
[img] File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (819Kb) | Minta salinan

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah analisis gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa personifikasi dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kutipan kalimat, baik dialog maupun narasi dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukan gaya bahasa personifikasi diterapkan terhadap berbagai macam bentuk kata, mulai dari kata ombak, bernyanyi, menyapu dan lain sebagainya. Gaya bahasa personifikasi dapat memberikan gambaran yang sesuai antara apa yang ingin disampaikan pengarang dan apa yang dibayangkan pembaca, menambah kesan dramatis sekaligus menambah nilai keindahan dalam bertutur. Hasil penelitian gaya bahasa personifikasi dalam novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari dapat diimplikasikan berdasarkan kurikulum Bahasa Indonesia di SMA kelas XII pada KD (CP) 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9, yaitu merancang novel atau novelet dengan memerhatikan dari isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. ____________ Kata Kunci: Gaya Bahasa, Personifikasi, Novel Arah Langkah, Pembelajaran Sastra

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2301161260 . Digilib
Date Deposited: 19 Aug 2023 04:27
Terakhir diubah: 19 Aug 2023 04:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74980

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir