DESTIANA, DESTIANA (2023) GAYA BAHASA PERSONIFIKASI DALAM NOVEL ARAH LANGKAH KARYA FIERSA BESARI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (858Kb) | Minta salinan |
||
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (819Kb) | Minta salinan |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah analisis gaya bahasa personifikasi yang terdapat dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa personifikasi dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini berupa kutipan kalimat, baik dialog maupun narasi dalam novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Arah Langkah karya Fiersa Besari. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukan gaya bahasa personifikasi diterapkan terhadap berbagai macam bentuk kata, mulai dari kata ombak, bernyanyi, menyapu dan lain sebagainya. Gaya bahasa personifikasi dapat memberikan gambaran yang sesuai antara apa yang ingin disampaikan pengarang dan apa yang dibayangkan pembaca, menambah kesan dramatis sekaligus menambah nilai keindahan dalam bertutur. Hasil penelitian gaya bahasa personifikasi dalam novel Arah Langkah Karya Fiersa Besari dapat diimplikasikan berdasarkan kurikulum Bahasa Indonesia di SMA kelas XII pada KD (CP) 3.9 yaitu menganalisis isi dan kebahasaan novel dan KD 4.9, yaitu merancang novel atau novelet dengan memerhatikan dari isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis. ____________ Kata Kunci: Gaya Bahasa, Personifikasi, Novel Arah Langkah, Pembelajaran Sastra
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2301161260 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Aug 2023 04:27 |
Terakhir diubah: | 19 Aug 2023 04:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74980 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |