Pengaruh Stress Kerja terhadap kinerja Karyawan pada Divisi Usaha Terminal PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang

Syah, Suswantoro (2013) Pengaruh Stress Kerja terhadap kinerja Karyawan pada Divisi Usaha Terminal PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang. Fakultas Ekonomi, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (393Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (1427Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1415Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pernyataan.pdf - Published Version

Download (606Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf - Published Version

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf - Published Version

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf - Published Version

Download (45Kb) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120Kb)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (16Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (201Kb)

Abstrak

Pelabuhan panjang adalah salah satu cabang dari PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) yang berkantor pusat di Jakarta. Adapun pengelolaan pelabuhan umum di Indonesia sejak Tahun 1960 dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara dibawah pengendalian pemerintah. Bentuk Badan Usaha Milik Negara diberi wewenang untuk mengelola pelabuhan umum sejak Tahun 1960 sampai 2009 telah mengalami perubahan, beberapa perubahan disesuaikan dengan arah kebijakan mengimbangi pertumbuhan permintaan pelayanan jasa pelabuhan yang dinamis. sebagai pemilik pelabuhan mempunyai Divisi Usaha Terminal (DUT) sebagai pelaku yang mengurus kebutuhan dari para konsumen yang ingin memakai jasa pelabuhan panjang. Permasalahan yang terjadi yaitu Realisasi pendapatan pada tahun 2009 yaitu sebesar Rp.2.423.129.000. angka tersebut Sangat jauh sekali dengan target yang ditetapkan oleh Divisi Usaha Terminal yaitu sebesar Rp.3.389.584.910. Para pekerja di Usaha Terminal tersebut membutuhkan jam kerja yang sangat tinggi dan kesabaran dalam melaksanakan aktivitas pekerjaannya, dikarenakan pekerjaan mereka adalah di bidang jasa yang dituntut untuk melayani dan memberikan kepuasan pelayanan kepada pelanggan. Permasalahan yang dirumuskan adalah: Apakah stres kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan?. Tujuan penulisan skripsi ini Untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan Divisi Usaha Terminal pada Pelabuhan Panjang. Perumusan hipotesis adalah Stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan Divisi Usaha Terminal pada PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) cabang Panjang. Hasil perhitungan dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, antara variabel (X) dengan variabel terikat yaitu Kinerja Karyawan (Y) sebesar 0,805 menunjukan hubungan yang terjadi antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah sangat kuat. Korelasi positif menunjukkan bahwa hubungan antara variabel Stress Kerja (X) dengan variabel terikat yaitu Kinerja karyawan (Y) adalah searah. Pengujian keberartian pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan Uji Fisher (Uji F) dengan tingkat kepercayaan 95% atau   sebesar 0,05. Hasil perhitungan dengan menggunakan SPSS didapat nilai F dinyatakan bahwa menolak H 0 (57,250) > F hitung dan menerima H 1. Nilai F- tabel hitung (3,32) sehingga dapat menunjukkan bahwa secara statistik Kinerja karyawan (Y) pada Divisi Usaha Terminal Cabang Pelabuhan Panjang dipengaruhi secara nyata dan signifikan (p 0,000 < 0,05) oleh Variabel Stress Kerja (X). hal ini sejalan dengan pernyataan bahwa terciptanya iklim kompetisi yang sehat kiranya akan merangsang setiap pihak untuk meraih prestasi terbaiknya. Saran yang diberikan kepada perusahaan adalah Divisi Usaha Terminal Cabang Pelabuhan Panjang perlu lebih giat berupaya mengidentifikasikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja karyawannya serta mengimplementasikan faktor-faktor tersebut dalam mengelola SDM, khususnya para karyawan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:31
Last Modified: 03 Feb 2014 04:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/751

Actions (login required)

View Item View Item