HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI TAHUN AJARAN 2022/2023

FARISA, NUR AINI (2023) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI TAHUN AJARAN 2022/2023. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (325Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (10Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (10Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 78 orang peserta didik dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian dengan teknik non probability sampling yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan studi dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa angket dengan skala Likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji linearitas, korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar tematik peserta didik kelas III SD Negeri Gugus Dokter Wahidin Sudiro Husodo tahun ajaran 2022/2023 dengan koefisien korelasi sebesar 0,593 berada pada taraf “Cukup Kuat”. Kata kunci: gaya belajar, hasil belajar tematik, keaktifan belajar. The problem of this research was the low learning outcomes of students of III grade of Public Elementary School in Dokter Wahidin Sudiro Husodo cluster. The purpose of the research was to know positif and significant of relationship between learning styles with learning positif and significant of relationship between learning styles and learning activeness with learning outcomes students. rd This type of research is quantitative research with ex-post facto correlation research method. The population is 78 students and the entire population is the research sample using a non-probability sampling namely a saturated sampling. The technique of data collection were questionnaire and documentation studies. Data collection instruments in the form of a questionnaire with a Likert scale has been claimed validity and reliability. Data analysis techniques used the normality test, product moment correlation and multiple correlations. The results showed that: there was a positive and significant relationship between learning style and learning activity with the learning outcomes of students of III grade of Public Elementary School in Dokter Wahidin Sudiro Husodo cluster academic year 2022/2023 with a correlation coefficient of 0.593 according to the "Strong Enough" level. Keywords: learning activeness, learning outcomes, learning styles. rd

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2301447762 . Digilib
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:38
Terakhir diubah: 19 Sep 2023 06:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75678

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir