Septian, Dwi Putra (2023) PEMBELAJARAN SERDAPAN DI EKSTRAKURIKULER MUSIK SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (177Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2963Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2806Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Provinsi Lampung memiliki potensi budaya yang luar biasa, dimulai dengan permainan musik dan keberadaan alat musiknya. Studi ini berfokus pada instrumen Serdap dan pembelajaran Serdapan di antara banyak instrumen musiklainnya di Provinsi Lampung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untukmendeskripsikan pembelajaran Serdapan di Ekstrakurikuler SMP Negeri 22Bandar Lampung, menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif sertaobservasi penelitian seperti pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Menggunakan teori pembelajar milik Amri sebagai panduan dalam penelitian, para peneliti menemukan hubungan yang luas dengan pembelajar Serdapan, khususnya bahwa guru mengkategorikan tiga tahap pembelajaran menjadi kegiatan awal, inti, dan akhir, serta evaluasi pembelajaran. Ditemukan juga penggunaan media, materi, metode dan evaluasi pembelajaran yang beragam serta kegiatan pembelajaran yang cukup baik, terlihat dari kegiatan pembelajaranyang menarik dan keaktifan peserta didik. Kata kunci : Ekstrakurikuler, Pembelajaran, Serdapan. The province of Lampung has an extraordinary cultural potential, starting with the play of music and the existence of its musical instruments. The study focuses on Serdap instruments and learning Serdapan among many other musical instruments in the Lampung Province. The aim of this study is to describe Serdapan learning at the State 22 Bandar Lampung Extra-curricular High School, using qualitative descriptive research methodology as well as research observations such as observations, interviews, and documentation. Using Amri's apprenticeship theory as a guide, the researchers found a wide-ranging link with Serdapan pupils, in particular that teachers categorized the three stages of learning into initial, core, and final activities, as well as learning evaluations. It was also found that the useof media, materials, methods and evaluations of learning was varied and that thelearning activities were quite good, as evidenced by the interesting learning activities and the active participation of the pupils. Keywords : Extracurricular, Learning, Serdapan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa 700 Seni, seni rupa, kesenian > 780 Musik |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Musik |
Pengguna Deposit: | 2301013282 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Sep 2023 03:06 |
Terakhir diubah: | 20 Sep 2023 03:06 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75728 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |