PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Resti , Yuliana (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1976Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1919Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang cahaya. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk non-equivalent control group design dengan sampel penelitian kelas XI.3 (kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan e-LKPD berbasis masalah) dan XI.2 (kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional yaitu Direct Instruction) di SMAN 1 Bangunrejo. Instrumen tes yang digunakan berupa 12 soal uraian dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,931. Selain instrumen tes, penelitian ini juga menggunakan instrumen non tes berupa angket respon peserta didik terhadap penggunaan model PBL dengan 10 butir pertanyaan dengan Cronbach’s Alpha sebesar 0,823. Rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dalam kategori tinggi yaitu 0,796 sedangkan, rata-rata n-Gain kemampuan berpikir kritis kelas kontrol dalam kategori sedang yaitu 0,397, artinya kedua kelas mengalami peningkatan yang signifikan namun kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Tingkat efektivitas perlakuan model PBL berbantuan e-LKPD berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik diperoleh nilai eta square sebesar 0,421 dimana jika diinterpretasikan ke dalam nilai d’cohen maka didapatkan nilai effect size sebesar 1,704 dengan kategori tinggi. Peningkatan paling besar terjadi pada indikator strategies and tactics dengan nilai n-gain sebesar 0,986 yaitu termasuk ke dalam kategori tinggi. Kata kunci: e-LKPD, gelombang cahaya, kemampuan berpikir kritis, problem based learning (PBL).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2301827829 . Digilib
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:40
Terakhir diubah: 20 Sep 2023 09:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75737

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir