Pengaruh Media Kolase Berbasis Metode Montessori Terhadap Peningkatan Motorik Halus Peserta Didik di Kelas I SD Negeri 1 Simbarwaringin

Rizky Fadila, Fitriani (2023) Pengaruh Media Kolase Berbasis Metode Montessori Terhadap Peningkatan Motorik Halus Peserta Didik di Kelas I SD Negeri 1 Simbarwaringin. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1901Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1815Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran yang kurang melatih kemampuan motorik halus peserta didik sehingga dalam proses pembelajaran kurang aktivitas praktik yang dapat meningkatkan motorik halus peserta didik di SD Negeri 1 Simbarwaringin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan efek media kolase berbasis metode Montessori terhadap peningkatan motorik halus peserta didik. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Hasil teknik analisis data menggunakan rumus Uji Paired Samples T-Test dengan software IMB SPSS for Windows sehingga diperoleh hasil nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa media kolase berbasis metode Montessori berpengaruh signifikan terhadap peningkatan motorik halus peserta didik kelas I SD Negeri 1 Simbarwaringin. Pada uji lanjutan, peneliti menggunakan uji effect size pada kelompok eksperimen diperoleh hasil sebesar 3,731 dengan kriteria interpretasi nilai Cohen’s d tinggi/besar. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil sebesar 0,509 dengan kriteria interpretasi nilai Cohen’s d sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa media kolase berbasis metode Montessori memberikan efek yang signifikan dibandingkan media kolase berbasis metode ceramah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308086678 . Digilib
Date Deposited: 29 Sep 2023 07:51
Terakhir diubah: 29 Sep 2023 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75953

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir