PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN IKLIM

FAJRIANI NUR , MATIN (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OBAK (OBSERVASI, BERPIKIR ANALISIS, DAN KOMUNIKASI) TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1937Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI (TANPA PEMBAHASAN).pdf

Download (1643Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik pada materi pokok perubahan iklim. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap di SMPN 04 Gunung Sugih. Model pembelajaran yang digunakan yaitu OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi). Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan teknik pretest- posttest control group design. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas VII 1 sebanyak 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas VII 2 sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket. Hasil nilai N-gain di kelas eksperimen yaitu sebesar 0,57 yang berada pada kriteria “sedang”. Hasil uji normalitas N-gain pada kelas eksperimen sebesar Sig 0,065 > 0,05 dan pada kelas kontrol sebesar Sig 0,267 > 0,05. Uji homogenitas N-gain sebesar Sig 0,281 > 0,05. Uji hipotesis menggunakan Independent Sample t-test dan didapatkan nilai Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05, serta hasil uji effect size yaitu sebesar 1,67 dengan kriteria “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran OBAK terhadap higher order thinking skills peserta didik pada materi pokok perubahan iklim.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308702501 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:51
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76111

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir