PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

FItra, Arif Mustofa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1751Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1700Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBM terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMA N 1 Sumberejo pada materi pokok perubahan lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 dengan jumlah peserta didik masing-masing sebanyak 36 siswa yang diambil dengan teknik random sampling. Sedangkan data kemampuan berpikir kritis diperoleh melalui nilai rata-rata N -gain yang kemudian hasilnya dianalis menggunakan Uji Independent Sample T-test. Data nilai rata-rata N -gain kelas kontrol dan eksperimen sebagai hasil kemampuan berpikir kritis peserta didik dianalisis dengan uji Uji Independent Sample T-test dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Uji Independent Sample T-test Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan model PBM terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X MIPA di SMA N 1 Sumberejo, dengan hasil tertinggi didapatkan pada indikator berpikir kritis memberi penjelasan sederhana dengan nilai N-gain 0,46. Kata kunci: PBM, kemampuan berpikir kritis.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308753807 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:07
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 08:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76114

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir