PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK

TINA, FEBRIANI (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATIC) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK. KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
TINA FEBRIANI_ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
TINA FEBRIANI_SKRIPSI FULL PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TINA FEBRIANI_SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain penelitian Pretest-Posttest Non equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 150 peserta didik. Sampel penelitian berjumlah 55 peserta didik yang terdiri dari kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIID sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning berbasis STEM, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data kemampuan pemecahan masalah didapatkan dari hasil pretest-posttest yang dianalisis menggunakan teknik analisis Independent sample t-test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, dengan rata-rata n-gain kelas eskperimen sebesar 0,67 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata nilai n-gain 0,42. Data kemampuan kolaborasi didapatkan dari lembar observasi. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan kolaborasi peserta didik kelas eksperimen meningkat lebih tinggi setelah perlakuan dengan rata-rata 82,07 dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 70,76. Dengan demikian penerapan model Problem Based Learning berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematic) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kolaborasi peserta didik. Kata kunci: Problem Based Learning, pendekatan STEM, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan kolaborasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308633104 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 09:41
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 09:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76136

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir