PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOONBERBASISDISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJARSISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWODADI

HELVIAN , DELTA AFRIANA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOONBERBASISDISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASILBELAJARSISWA KELAS IV SD NEGERI 3 PURWODADI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3606Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3029Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dan menganalisiskeefektivan hasil pengembangan media pembelajaran powtoon pada pembelajarantematik integratif subtema keberagaman makhluk hidup di lingkunganku kelas IVSD Negeri 3 Purwodadi. Jenis penelitian pengembangan yang digunakanmengadaptasi model pengembangan Borg & Gall. Desain pengembangandikelompokkan menjadi 3 langkah, yaitu: (a) eksplorasi, (b) pengembanganproduk, (c) uji produk. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IVSDNegeri 3 Purwodadi berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakanwawancara, angket, dan tes. Teknik analisa data analisis deskriptif kualitatif danuji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran powtoon layak(aspek materi, media, dan bahasa) dan efektif dengan uji N-Gain sebesar 0,38kategori sedang. Kata Kunci : Media Pembelajaran Powtoon, Discovery Learning This study aims to describe the feasibility and analyze the effectiveness of theresults of the development of powtoon learning media on integrative thematiclearning sub-theme of diversity of living things in my environment grade IVSDNegeri 3 Purwodadi. The type of development research used adapts the Borg&Gall development model. Development design is grouped into 3 steps, namely: (a) exploration, (b) product development, (c) product testing. The sample in this studywas grade IV students of SD Negeri 3 Purwodadi totaling 25 students. Datacollection techniques use interviews, questionnaires, and tests. Data analysistechniques use qualitative descriptive and N-Gain test. The results showedthat powtoon learning media was feasible (aspects of material, media, and language) and effective with an N-Gain test of 0.38 medium category. Key Word : Powtoon Learning Media, Discovery Learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2308471611 . Digilib
Date Deposited: 05 Oct 2023 10:39
Terakhir diubah: 05 Oct 2023 10:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76155

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir