HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Intan , Yunita Pratiwi (2023) HUBUNGAN ANTARA SELF ESTEEM DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING SISWA DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (2903Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2704Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2752Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah kecenderungan perilaku bullying siswa yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self esteem dengan kecenderungan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 6 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi sebanyak 642 siswa dan sampel berjumlah 130 siswa diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner self esteem dan kuesioner kecenderungan perilaku bullying. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan berarah negatif antara self esteem dengan kecenderungan perilaku bullying ditunjukkan dengan indeks korelasi rhitung -0,426 dan rtabel 0,176 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya dapat diartikan bahwa semakin tinggi self esteem maka semakin rendah kecenderungan perilaku bullying. Sebaliknya, semakin rendah self esteem maka semakin tinggi kecenderungan perilaku bullying. Kata Kunci: self esteem, perilaku bullying, bimbingan konseling The problem in this research was the high tendency of bullying behavior of students. This study aims to determine the relationship between self-esteem and the tendency of bullying behavior of students at SMA Negeri 6 Bandar Lampung for the 2022/2023 school year. The study used quantitative methods. The population was 642 students and a sample of 130 students was taken using a simple random sampling technique. Data collection techniques used self-esteem questionnaires and bullying behavior tendency questionnaires. Data analysis techniques use Product Moment statistical analysis. The results showed that there was a significant negative relationship between self-esteem and the tendency of bullying behavior shown by a correlation index r count -0.426 and rtable 0.176 with a significance of 0.000 < 0.05 then Ho was rejected and Ha was accepted. The conclusion can be interpreted that the higher the self-esteem, the lower the tendency of bullying behavior. Conversely, the lower the self-esteem, the higher the tendency of bullying behavior. Keywords: self esteem, bullying behavior, guidance counseling

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2308558392 . Digilib
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:02
Terakhir diubah: 06 Oct 2023 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76167

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir