ANALISIS KEMAMPUAN PENDIDIK TERHADAP PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 LIMAN BENAWI

ARI, PUSPITA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENDIDIK TERHADAP PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 LIMAN BENAWI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (186Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3858Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3860Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah penelitian ini berawal dari penerapan pembelajaran pendidik yang belum sesuai dengan sintaks pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pendidik dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran di SD Negeri 2 Liman Benawi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini yaitu pendidik dan kepala sekolah di SD Negeri 2 Liman Benawi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Fokus penelitian ini adalah kemampuan pendidik dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran di SD Negeri 2 Liman Benawi. Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik sudah cukup baik. Pendidik menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memilih materi yang dapat dipadukan dengan pendekatan saintifik. Hambatan pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik pada langkah-langkah 5M (mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan) adalah kurangnya kompetensi pendidik dalam memberikan motivasi peserta didik untuk aktif dan fokus pada proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam mengatasi hambatan pada pelaksanaan pembelajaran yaitu membangun hubungan kerjasama antara pendidik dengan kepala sekolah maupun pendidik dengan wali murid terkait permasalahan pembelajaran peserta didik. Kata Kunci: kemampuan pendidik, pembelajaran, pendekatan saintifik The problem of this research originates from the application of educator learning that is not in accordance with the scientific approach syntax. This study aims to analyze the ability of educators to apply a scientific approach to learning at SD Negeri 2 Liman Benawi. This research method is a qualitative research with descriptive method. Data collection techniques in this study are observation, interviews and documentation. In this study, researchers used a case study type of research or case study. Sources of data are educators, and headmaster SD Negeri 2 Liman Benawi. Data analysis techniques use interactive models. The focus of this research is the ability of educators to apply a scientific approach to learning at SD Negeri 2 Liman Benawi. The research results show that the implementation of learning using a scientific approach is good enough. Educators develop lesson plans by selecting material that can be combined with a scientific approach. The obstacle to implementing learning using a scientific appoarch to the 5M steps (observing, questioning, experimenting, associating, communicating) is the lack of educational competence in motivating students to be active and focus to the learning process. Supporting factors in overcoming obstacles to the implementation of learning are building cooperative relationships between educators and school principals and educators with student guardians regarding student learning problems. Keywords: learning, scientific approach, teacher skill

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308710229 . Digilib
Date Deposited: 11 Oct 2023 02:56
Terakhir diubah: 11 Oct 2023 02:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76254

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir