RIZKI , KURNIAWAN (2023) IMPLIKATUR PERCAKAPAN DALAM ACARA LAPOR PAK TRANS 7 DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (85Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1713Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1713Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah implikatur percakapan setiap tokoh dalam acara Lapor Pak Trans 7 dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikatur percakapan tiap tokoh dalam acara Lapor Pak Trans 7 dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas X. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah percakapan tokoh yang mengandung implikatur percakapan pada acara Lapor Pak Trans 7, sedangkan data dalam penelitian ini ialah implikatur percakapan tiap tokoh di acara Lapor Pak Trans 7. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan mencatat dan mengklasifikasikan dialog berdasarkan implikatur percakapannya. Hasil penelitian menunjukkan terdapat implikatur percakapan dalam tindak tutur langsung tidak literal (L-TLiteral), tindak tutur tidak langsung literal (TL-Literal) dan tindak tutur tidak langsung tidak literal (TL-TLiteral). Hasil penelitian berkaitan dengan pembelajaran anekdot dalam aspek makna tersirat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X. Kompetensi dasar yang digunakan pada penelitian ini ialah 3.5 mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat dan 4.5 mengonstruksi makna yang tersirat dalam sebuah teks anekdot. Kata kunci: implikatur percakapan, literal tidak literal, langsung tidak langsung tindak tutur.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 400 Bahasa |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2308772347 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Oct 2023 08:13 |
Terakhir diubah: | 11 Oct 2023 08:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76268 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |