RETIA , RAHMA UTARI (2023) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS EVERYDAY LIFE PHENOMENA MATERI KOROSI BERORIENTASI PADA PENGUASAAN KONSEP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2500Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1294Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif berbasis everyday life phenomena materi korosi berorientasi pada penguasaan konsep, mendeskripsikan karakteristik, validitas e-book, tanggapan guru dan siswa terhadap e-book yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan mengikuti langkah-langkah model 4-D yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket dan lembar keterbacaan. Sumber data diperoleh dari siswa kelas XII dan guru kimia dari empat sekolah di tiga kabupaten yang berbeda, serta tiga validator ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analasis statistik deskriptif. Karakteristik e-book ini, yaitu interaktif, berdasarkan fenomena kehidupan sehari-hari, disertai dengan gambar dan video, tedapat kolom jawaban yang dapat diisi, latihan soal dan soal evaluasi yang inteaktif. Hasil validasi ahli meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan. Berdasarkan hasil validasi memiliki kriteria yang sangat tinggi, sehingga produk dinyatakan valid. Hasil tanggapan guru menunjukkan bahwa e-book memiliki kesesuaian isi, memiliki struktur (konstruksi) yang sesuai, dan menarik. Hasil tanggapan siswa menunjukkan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan menarik dan dapat terbaca dengan baik. Dengan demikian, e-book yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar yang berorientasi pada penguasaan konsep. Kata kunci: e-book interaktif, everyday life phenomena, korosi. penguasaan konsep
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308889912 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 02:57 |
Terakhir diubah: | 12 Oct 2023 02:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76277 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |