PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)

CICI SEPTA , LESTARI (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (269Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2414Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2351Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa dalam pembelajaran berbasis blended learning. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Metro Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling dan terpilihlah kelas VIII-D sebanyak 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari pengisian angket kemandirian belajar dan tes kemampuan representasi matematis siswa dengan materi teorema pythagoras. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dengan α = 0,05. Berdasarkan hasil perhitungan dan uji F diperoleh kesimpulan bahwa kemandirian belajar berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis blended learning dan diperoleh persamaan regresi . Hal ini menunjukkan bahwa jika terjadi peningkatan sebesar satu satuan dari kemandirian belajar siswa maka akan meningkatkan rata-rata kemampuan representasi matematis siswa sebesar 0,23. Koefisien regresi bernilai positif artinya semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka kemampuan representasi siswa juga semakin tinggi. Kata kunci: Blended Learning Kemampuan Representasi Matematis, Kemandirian Belajar, Pengaruh

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2308047186 . Digilib
Date Deposited: 12 Oct 2023 03:45
Terakhir diubah: 12 Oct 2023 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76292

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir