PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MINAT BACA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GENERASI Z

SRI , LESTARI (2023) PENGARUH LITERASI DIGITAL DAN MINAT BACA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR GENERASI Z. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (916Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (917Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (917Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui maupun mendeskripsikan pengaruh dari literasi digital dan minat baca terhadap motivasi belajar generasi Z. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa PPKn Angkatan 2020-2022. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data pada penelitian ini yakni menggunakan uji regresi berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh dari literasi digital terhadap motivasi belajar sebesar 46,8% dan terdapat pengaruh minat baca terhadap motivasi belajar sebesar 46,2% , serta terdapat pengaruh literasi digital dan minat baca terhadap motivasi belajar dengan persentase 56,5%. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwasannya kombinasi antara penguasaan literasi digital yang baik dan minat baca yang tinggi yang ditandai dari antusiasme belajar, tentu akan membantu mahasiswa PPKn untuk jauh lebih aktif, dan juga terdorong untuk terlibat dalam aktivitas belajar. Adanya peningkatan pada literasi digital dan minat baca berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Mengingat era sekarang, bahwasannya tuntutan seorang mahasiswa untuk bisa menghadapi segala bentuk tantangan dalam pembelajaran ialah melalui penguasaan literasi digital dan minat baca yang kuat. Semakin baik literasi digital dan minat baca mahasiswa PPKn maka berdampak pula pada motivasi belajar yang semakin baik. Kata kunci : Literasi Digital, Minat Baca, Motivasi Belajar, Mahasiswa, Generasi Z

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2308083767 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:45
Terakhir diubah: 13 Oct 2023 03:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76342

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir