EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA

BERLIANA GITA , NURANI PERTIWI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3383Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2285Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi titrasi asam basa dan mendeskripsikan profil kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa setelah diberikan perlakuan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Bandarlampung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua ratarata dengan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan translasi antarlevel representasi siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbantuan simulasi molekul sebesar 0,77 berkategori tinggi, sedangkan pada kelas yang tak berbantuan simulasi molekul sebesar 0,58 berkategori sedang. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan rata-rata nilai n-gain kelas yang menggunakan model discovery berbantuan simulasi molekul lebih tinggi dibandingkan kelas tanpa berbantuan simulasi molekul, dan terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi siswa dan profil kemampuan translasi antarlevel siswa pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 70% sangat baik dan 30% baik. Kata kunci: kemampuan translasi antarlevel representasi, titrasi, model pembelajaran discovery, simulasi molekul, profil

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308952902 . Digilib
Date Deposited: 13 Oct 2023 03:48
Terakhir diubah: 13 Oct 2023 03:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76347

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir