BERLIANA GITA , NURANI PERTIWI (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DISCOVERY BERBANTUAN SIMULASI MOLEKUL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN TRANSLASI ANTARLEVEL REPRESENTASI PADA MATERI TITRASI ASAM-BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3383Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (2285Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi pada materi titrasi asam basa dan mendeskripsikan profil kemampuan translasi antarlevel representasi kimia siswa setelah diberikan perlakuan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Bandarlampung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan teknik purposive sampling didapatkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua ratarata dengan uji Mann Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kemampuan translasi antarlevel representasi siswa di kelas yang diterapkan pembelajaran berbantuan simulasi molekul sebesar 0,77 berkategori tinggi, sedangkan pada kelas yang tak berbantuan simulasi molekul sebesar 0,58 berkategori sedang. Hasil uji Mann Whitney U menunjukkan rata-rata nilai n-gain kelas yang menggunakan model discovery berbantuan simulasi molekul lebih tinggi dibandingkan kelas tanpa berbantuan simulasi molekul, dan terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa model pembelajaran discovery berbantuan simulasi molekul efektif untuk meningkatkan kemampuan translasi antarlevel representasi siswa dan profil kemampuan translasi antarlevel siswa pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 70% sangat baik dan 30% baik. Kata kunci: kemampuan translasi antarlevel representasi, titrasi, model pembelajaran discovery, simulasi molekul, profil
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308952902 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 03:48 |
Terakhir diubah: | 13 Oct 2023 03:48 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76347 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |