SABRINA , RIZKYA SUSANA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS ETNOSAINS PADA MODEL PEMBELAJARAN SIMAYANG UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI TITRASI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2069Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1913Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan LKPD berbasis etnosains pada model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi titrasi asam basa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Bandarlampung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 216 peserta didik dan ditetapkan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Pengaruh penggunaan LKPD berbasis etnosains pada model pembelajaran SiMaYang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap literasi sains peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nGain literasi sains peserta didik untuk kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,52 dengan kriteria sedang. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis etnosains dengan model pembelajaran SiMaYang dapat lebih meningkatkan keterampilan literasi sains peserta didik dibandingkan dengan menggunakan LKPD konvensional. Hasil uji effect size juga menujukkan 96% tingginya kemampuan literasi sains peserta didik pada kelas eksperimen dipengaruhi oleh pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis etnosains dengan model pembelajaran SiMaYang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis etnosains dengan model pembelajaran SiMaYang berpengaruh besar dalam meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi titrasi asam basa. Kata kunci: lembar kerja peserta didik, model pembelajaran SiMaYang, etnosains, titrasi asam basa, literasi sains
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2308578618 . Digilib |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 10:30 |
Terakhir diubah: | 17 Oct 2023 10:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76558 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |