PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR

INDAH, DEA PUTRI (2023) PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PEKALONGAN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (22Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1328Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (910Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran seni budaya menggunakaan metode tutor sebaya di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pekalongan Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni budaya dilaksanakan dengan metode tutor sebaya. Diawali dengan guru melakukan pemilihan materi ajar yang dapat dipelajari peserta didik secara mandiri. Materi ajar yang dipilih adalah seni rupa, pada sub materi seni rupa 3 dimensi. Kemudian guru memilih 4 peserta didik sebagai tutor dengan kriteria yaitu: memiliki kepandaian lebih unggul dari pada peserta didik yang lain, dan memiliki kecakapan dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru. Diketahui bahwa pembelajaran seni budaya dilaksanakan dengan 4 kali pertemuan. Pada pertemuan pertama guru menyampaikan materi seni rupa 3 dimensi dan memberikan tes kepada peserta didik untuk menentukan tutor. Diketahui bahwa keempat tutor terpilih diantaranya NAN, NY, WP, DEL. Dalam proses pembelajaran keempat tutor mempunyai metode yang sama dengan melakukan diskusi bersama anggota kelompoknya untuk membuat karya seni rupa 3 dimensi tepat guna yang dapat digunakan dalam kehidupan seharihari. Dan diketahui keempat tutor menggunakan teknik yang berbeda dalam proses pembelajarannya, NAN menggunakan teknik lilit, WP mengunakan teknik sulam, sedangkan NY dan DEL menggunakan teknik anyam. Metode tutor sebaya ini juga dilengkapi dengan metode ceramah oleh guru. Kata Kunci : Tutor Sebaya, Pembelajaran, Seni Budaya

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian > 702 Aneka ragam tentang kesenian dan karya seni
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2308636023 . Digilib
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:56
Terakhir diubah: 19 Oct 2023 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76645

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir