EFEKTIVITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ETNOSAINS SERUIT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA

ROHMATUL , NUR HAKIKI (2023) EFEKTIVITAS MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS ETNOSAINS SERUIT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI ASAM BASA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1370Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1302Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas model inkuiri terbimbing berbasis etnosains seruit dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi asam basa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA SMAN 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik random dan diperoleh XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata secara statistik parametrik dengan independent samples t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai n-Gain KPS siswa kelas eksperimen dan kontrol dengan rata-rata nilai n-Gain KPS siswa kelas eksperimen yang menerapkan model inkuiri terbimbing berbasis etnosains seruit lebih tinggi dibanding kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional dan rata-rata nilai n-gain berkriteria tinggi di kedua kelas penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing berbasis etnosains seruit efektif dalam meningkatkan KPS siswa pada materi asam basa. Kata kunci: inkuiri terbimbing, etnosains seruit, keterampilan proses sains, asam basa

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2308019024 . Digilib
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:44
Terakhir diubah: 20 Oct 2023 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76669

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir