MANAJEMEN RANTAI PASOK DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI CAKE (Studi Kasus di “Lampung Banana Foster” Kota Bandar Lampung)

Veronica Ariesta, Gunawan (2023) MANAJEMEN RANTAI PASOK DAN STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI CAKE (Studi Kasus di “Lampung Banana Foster” Kota Bandar Lampung). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1788Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1106Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

This study aims to (1) analyze supply chain management, (2) identify internal and external factors affecting the business, and (3) develop alternative and priority marketing strategies for LBF cake agroindustry in Bandar Lampung City. This research uses a case study method at LBF Agroindustry in Bandar Lampung City with the consideration that the agroindustry is a producer of processed banana products in the form of cake as a regional souvenir product. Respondents in this study were 5 agroindustry managers, 1 staff of the Bandar Lampung City Trade Office, 1 expert lecturer, and 30 consumers. Data collection was carried out from February 2023 to June 2023 and analyzed descriptively qualitative and descriptive quantitative. The results showed that (1) supply chain management runs well because the flow of goods, money, and information is well managed. The strategies used in raw material procurement, production, and marketing are in accordance with the needs and conditions of the company. (2) The strength of the company with the highest score is the STP and 4P strategy variables, the weakness variable is the employee training program variable. The opportunity variable with the highest score is the ease of online marketing and the threat variable with the highest score is the same competitor product variable at a low price. (3) the company's position is in cell IV (grow and build) so that the strategies that can be applied are collaborating with trusted influencers, providing the best service and after sale service, conducting product development, creating interesting and informative content on the company's digital platform, and creating creative content in the form of short movies. Keywords: agroindustry, cake, marketing, supply chain, strategy. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis manajemen rantai pasok, (2) mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi usaha, dan (3) menyusun alternatif dan prioritas strategi pemasaran agroindustri cake LBF di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada Agroindustri LBF di Kota Bandar Lampung dengan pertimbangan bahwa agroindustri tersebut merupakan penghasil produk olahan pisang dalam bentuk cake sebagai produk oleh – oleh khas daerah. Responden dalam penelitian ini adalah 5 orang pengelola agroindustri, 1 orang staff Dinas Perdagangan Kota Bandar Lampung, 1 orang Dosen Pakar, dan 30 orang konsumen. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Februari 2023 hingga Juni 2023 dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen rantai pasok berjalan dengan baik karena aliran barang, uang, dan informasi dikelola dengan baik. Strategi yang digunakan dalam pengadaan bahan baku, produksi, dan pemasaran telah sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan. (2) kekuatan perusahaan dengan skor tertinggi adalah variabel strategi STP dan 4P, variabel kelemahan yaitu variabel program training pegawai. Variabel peluang dengan skor tertinggi yaitu kemudahan pemasaran online dan variabel ancaman dengan skor tertinggi yaitu variabel produk kompetitor sama dengan harga murah. (3) posisi perusahaan berada pada sel ke IV (grow and build) sehingga strategi yang dapat diterapkan yaitu menjalin kerjasama dengan influencer terpercaya, memberikan pelayanan terbaik dan after sale service, melakukan pengembangan produk, membuat konten menarik dan informatif pada platform digital perusahaan, dan membuat konten kreatif berupa short movie. Kata kunci: agroindustri, cake, pemasaran, rantai pasok, strategi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2308708475 . Digilib
Date Deposited: 27 Oct 2023 03:41
Terakhir diubah: 27 Oct 2023 03:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76773

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir