PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN

PRESTISIA , ANANDA (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimental tipe one group pre-test - post-test design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 anak. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 anak berusia 5-6 tahun yang diperoleh melalui teknik sampel purposhive sampling. Hasil rata-rata pre-test yang diperoleh melalui hasil observasi sebesar 49,93. Setelah pre-test dilakukan kemudian diberikan perlakuan dengan media big book untuk melatih kemampuan berbicara anak, selama melakukan perlakuan (treatment), terjadi suatu perkembangan yang terlihat dari nilai post-test yang memperoleh rata-rata sebesar 72,43. Analisis data yang digunakan adalah uji paired t-test pada hasil penilaian pre-test dan post-test. Kemudian, untuk menguji signifikasi data dilakukan dengan membandingkan nilai Sig. (2-tailed) dengan nilai α. Berdasarkan hasil uji paired t-test pada data pre-test dan post-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 kemudian nilai α sebesar 0,05. Hal ini berarti bahwa nilai Sig. (2-tailed) < nilai α (0,000 < 0,05). Demikian disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh dari media big book terhadap kemampuan berbicara pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: Penggunaan Media Big book, Kemampuan Berbicara, Anak Usia Dini ABSTRACT This study aims to determine the effect of media big book on speaking skills of children aged 5-6 years. This study used quantitative approaches using pre-experimental research type one group pre-test - post-test design. The populations are amount 43 children. The samples are amount 30 children aged 5-6 years obtained through purposhive sampling technique. The average result of the pre-test obtained through observation is 49,93. After the pre-test was carried out, they were given treatment with a series of whispering games to train children's speaking skills, during the treatment, there was an development from the post-test score which obtained an average of 72,43. Analysis of the data using paired t-test on the results of the pre-test and post-test assessments. To test the significance of the data, it is done by comparing the value of Sig. (2-tailed) with value of α. Based on the results of the paired t-test on pre-test and post-test data, Sig. (2-tailed) is 0.000 the value of α is 0, 05. This means that the value of Sig. (2-tailed) < value (0.000 < 0.05). It can be concluded that Ha was accepted and H0 was rejected, there was an effect of the media big book on the speaking skills of children aged 5-6 years. Keywords: Media big book, speaking skills, early childhood

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Pengguna Deposit: 2308945638 . Digilib
Date Deposited: 06 Nov 2023 02:24
Terakhir diubah: 06 Nov 2023 02:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76794

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir