SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG

ANISA, NURJAYANTI (2023) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT MUHAMMADIYAH GUNUNG TERANG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1485Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1311Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SDIT Muhammadiyah Gunung Terang. Jenis penelitian kualitatif ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) Perencanaan supervisi akademik kepala sekolah telah berjalan dengan baik, seperti mempersiapkan hal-hal yang diperlukan diantaranya merumuskan tujuan dan kriteria output, menetapkan jadwal, memilih pendekatan dan teknik yang digunakan, dan memilih instrumen yang sudah disepakati oleh kepala sekolah dan tim supervisi. 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah sudah berjalan dengan baik, teknik yang digunakan yaitu kunjungan kelas dan supervisi klinis. Kepala sekolah sebelum mensupervisi mengadakan pembinaan atau diskusi kepada guru, selanjutnya melaksanakan kunjungan kelas sesuai jadwal untuk mengamati kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan perangkat pembelajaran yang telah disiapkan guru, kemudian memanggil guru yang telah disupervisi ke ruangan kepala sekolah untuk evaluasi hasil observasi kelas. 3) Tindak lanjut hasil supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru dilakukan dengan mengadakan umpan balik secara langsung, penguatan berupa motivasi, penghargaan berupa ungkapan apresiasi, serta pembinaan dan pelatihan untuk membina dan mengembangkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan guru. Kata kunci: kinerja guru, supervisi akademik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308858623 . Digilib
Date Deposited: 17 Nov 2023 03:02
Terakhir diubah: 17 Nov 2023 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76916

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir