PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA MATERI PERAWATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER

HERU, SOFYAN (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN PADA MATERI PERAWATAN PERANGKAT KERAS KOMPUTER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (579Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3370Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kemajuan teknologi informasi mendorong guru memilih berbagai media yang mendukung penyampaian materi pada proses pembelajaran, salah satunya adalah e-Modul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kevaliditasan e-Modul sebagai media pembelajaran berbasis Android untuk siswa di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada Materi Perawatan Perangkat Keras Komputer, (2) Mengetahui kepraktisan e-Modul sebagai media pembelajaran berbasis Android untuk siswa di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan pada Materi Perawatan Perangkat Keras Komputer. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) Subjek penelitian adalah siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan sebanyak 25 siswa. Langkah-langkah model pengembangan dalam penelitian ini yaitu menggunakan 4-D yaitu Define, Design, Development, dan Disseminate. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli media, angket validasi ahli materi, dan angket respons siswa. Angket validasi ahli media dan ahli materi digunakan untuk menilai kevalidan e-Modul sebagai media pembelajaran berbasis Android dan angket respons siswa untuk menilai kepraktisan e-Modul sebagai media pembelajaran berbasis Android. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) e-Modul sebagai media pembelajaran berbasis Android untuk siswa di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan telah memenuhi kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli media mendapat hasil sebesar 83% dan ahli materi mendapat hasil sebesar 83%. (2) e-Modul sebagai media pembelajaran berbasis Android untuk siswa di Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata uji respons siswa dengan hasil 94%. Kata Kunci: Android, e-Modul, Media Pembelajaran, Teknik Komputer dan Jaringan, Perawatan Perangkat Keras Komputer

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2308590012 . Digilib
Date Deposited: 21 Nov 2023 08:24
Terakhir diubah: 21 Nov 2023 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/76939

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir