PENGARUH PENDEKATAN STEM DENGAN MEDIA DIORAMA TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 1 METRO BARAT

LAILA , FITRIANI (2023) PENGARUH PENDEKATAN STEM DENGAN MEDIA DIORAMA TERHADAP BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SD NEGERI 1 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (181Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1417Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1285Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Metro Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan STEM dengan media diorama terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Metro Barat tahun pelajaran 2022/2023. Metode penelitian ini penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu one group pretestposttest design. Populasi penelitian yaitu seluruh peseta didik kela IV yang berjumlah 30 orang peserta didik. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik perposive sampling seh. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik test dan nontest berupa dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dari pendekatan STEM dengan media diorama pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri 1 Metro Barat. Kata kunci: berpikir kritis, media diorama, STEM. The problem in this study wa the low critical thinking skills of fourth grade students at SD Negeri 1 Metro Barat. The purpose of this study was to determine the effect of the STEM approach with diorama media on students' critical thinking skills in the thematic learning of grade four SD Negeri 1 Metro Barat 2022/2023 academic year. This research method is quantitative research with an experimental approach. The research design used is one group pretest-posttest design. The research population was all class IV students, totaling 30 students. Determining the research sample used a perposive sampling technique. Data collection techniques were carried out using test and non-test techniques in the form of documentation and observation. The data analysis used is the t-test. The results of the research show that there is a significant influence of the STEM approach with diorama media on thematic learning in grade fourth at SD Negeri 1 Metro Barat. Keywords: critical thinking, diorama media, STEM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308481566 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:22
Terakhir diubah: 06 Dec 2023 03:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77104

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir