PENGARUH MODEL REFLECTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK

HERI, SAPUTRA (2023) PENGARUH MODEL REFLECTIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN HISTORICAL EMPATHY PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3504Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh penggunaan model reflective learning terhadap kemampuan historical empathy serta menganalisis efektivitas model reflective learning dibandingkan dengan model discovery learning terhadap kemampuan historical empathy dalam pembelajaran sejarah bagi peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran dengan penggunaan model reflective learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap historical empathy. Adanya keterlibatan langsung peserta didik dalam pembelajaran menjadi hal utama dalam model reflective learning. Sehingga dominannya peran peserta didik pada proses pembelajaran yang berlangsung mampu menjadikan peserta didik dapat mengeskplorasi pemahaman mereka secara mendalam. Sehingga dengan demikian historical empathy akan dapat terinternalisasi dengan lebih mudah. Hal ini dapat dilihat hasil uji kemampuan akhir yang menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model reflective learning terhadap kemampuan historical empathy peserta didik; (2) Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan model reflective learning dan model discovery learning terhadap kemampuan historical empathy peserta didik; (3) Berdasarkan hasil uji N-gain, menunjukkan bahwa penerapan model reflective learning efektif untuk meningkatkan kemampuan historical empathy peserta didik pada mata pelajaran sejarah. Kata kunci: reflective learning, historical empathy, pembelajaran sejarah

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2308600129 . Digilib
Date Deposited: 06 Dec 2023 03:24
Terakhir diubah: 06 Dec 2023 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77121

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir