EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

HANA, SALSABILA PUTRI (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (71Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1166Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1068Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar dan hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar yang disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya model pembelajaran project based learning terhadap minat belajar dan hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 46 orang peserta didik dan penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan 25 orang peserta didik dari kelas IV A untuk kelas eksperimen dan 21 orang peserta didik dari kelas IV B untuk kelas kontrol. Teknik penggumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan Independent Sample T-test. Hasil perhitungan data minat belajar diperoleh thitung > ttabel, yakni 2,882 > 2,015 dan terhadap hasil belajar menunjukan bahwa thitung > ttabel, yakni 2,988 > 2,015. Hasil penelitian menunjukan model pembelajaran project based learning efektif meningkatkan minat belajar dan hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas IV sekolah dasar. Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, project based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2308104234 . Digilib
Date Deposited: 08 Dec 2023 07:32
Terakhir diubah: 08 Dec 2023 07:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77199

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir