PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK TAHU TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Catharina, Anandasari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PEMANFAATAN LIMBAH PABRIK TAHU TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (319Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2697Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2652Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan limbah pabrik tahu terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain penelitian Posttest Only Design Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri Satu Atap 5 Pesawaran semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII B dengan setiap kelas berjumlah 20 peserta didik yang dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil kerja proyek. Hasil penelitian ini diperoleh rata-rata kelas ekperimen 75,4 dikategorikan “sedang” dan rata-rata kelas kontrol 44,1 dikategorikan “rendah”. Hasil uji normalitas pada kelas kedua kelas tidak berdistribusi normal dengan Sig. 0,001 < 0,05 pada kelas eksperimen dan Sig. 0,001 < 0,05 pada kelas kontrol. Hasil uji homogeitas menunjukan data homogen dengan nilai 0,770 > 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan Sig. 0,00 < 0,05, dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning dengan pemanfaatan limbah pabrik tahu terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2308290563 . Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:01
Terakhir diubah: 12 Dec 2023 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir