DEVIS , ANEZZA (2023) DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT (STUDI KASUS OBJEK WISATA ISLAMIC CENTER). FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (5Mb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (5Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Islamic Center merupakan objek wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang mempunyai keunggulan sebagai wisata religi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan pendapatan dan omzet UMKM di sekitar objek wisata Islamic Center sebelum dan sesudah adanya objek wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan alat analisis Stata dengan metode analisis statistik deskriptif dibuktikan dengan Paired Samples Test, dengan jumlah populasi sebanyak 109 UMKM dan sampel yang digunkan sebanyak 52 UMKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pendapatan dan omzet UMKM sebelum dan sesudah adanya objek wisata Islamic Center. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t sebesar -17,7844 dan p-value pada variabel pendapatan bernilai 0,000 sehingga < 0,05 dan nilai t sebesar -21,4197 dan p-value pada variabel omzet bernilai 0,000 sehingga < 0,05 Artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pendapatan dan omzet sebelum dan sesudah ada objek wisata Islamic Center. Kata Kunci : Pendapatan, Omzet, UMKM; Wisata Religi; Statistik Deskriptif. The Islamic Center is a tourist attraction in West Tulang Bawang Regency which has the advantage of being a religious tourist attraction. The aim of this research is to determine whether or not there are differences in income and turnover of UMKM around the Islamic Center tourist attraction before and after the existence of this tourist attraction. This research uses the Stata analysis tool with descriptive statistical analysis methods as proven by Paired Samples Test, with a population of 109 UMKM and a sample of 52 UMKM. The results of this research show that there are differences in income and turnover of UMKM before and after the Islamic Center tourist attraction. This is indicated by the t value of -17.7844 and p-value on variables income is worth 0.000 so it is <0.05 and the t value is -21.4197 and the p-value for the turnover variable is 0.000 so it is <0.05. This means that there is a significant difference in income and turnover before and after the Islamic Center tourist attraction. Keywords: Income, Turnover, UMKM; Religious Tourism; Statistics Descriptive.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi |
Program Studi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Ekonomi Pembangunan |
Pengguna Deposit: | 2308714753 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 01:39 |
Terakhir diubah: | 14 Dec 2023 01:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/77332 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |